AKTIVITAS ANTIMIKROBA BEBERAPA JENIS CAIRAN PEMBERSIH ANTIBAKTERI TERHADAP BAKTERI TANAH DI KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS JAMBI MENDALO

ANTIMICROBIAL ACTIVITY OF SOME ANTIBACTERIA LIQUID CLEANSER TO SOIL BACTERIA IN THE JAMBI UNIVERSITY AREA IN MENDALO
Hesti Riany*, Ika Oksi Susilawati, Ummi Mardhiah BB

Universitas Jambi, Jambi1*
hestiriany@unja.ac.id, Jalan Raya Jambi-Muara Bulian KM 15 Mendalo 36361

ABSTRACT

Liquid cleansers are generally used in daily activities such as liquid soap, liquid hand wash and liquid detergen. Using of liquid cleanser was needed to decrease unwanted bacteria growth or contamination in the body. One of the bigest contamination resource was soil especially in the most visites area such as Jambi University area. So we need to know antimicrobial activity of some antibacteria liquid cleanser to soil bacteria in the Jambi university area. In this study was used isolated bacteria from 5 different places in the Jambi University area. The fastest gowth bacteria colonies were taken, there are A03, B22, C31, D44 and E53. The treaments were LS, HS, BC and AQ (negative control) with three repeating. The data was diameter of inhibtion zona then analyzed using ANNOVA and continued using Duncan test. The Research result showed that LS had hight significancy to all bacteria isolat, HS had unsignificant result to A03, B22, C31 and D44 isolat but significant to E53 isolat. While BC showed unsignificant result to A03 and D44 isolat, significant to B22 and C31 isolat and very significant to E53 isolat.

Keywords: liquid cleanser, soil bacteria, Jambi University

ABSTRAK

Cairan pembersih untuk tubuh atau pakaian merupakan merupakan bahan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya sabun mandi cair, sabun cuci tangan cair dan deterjen cair. Pengunaan cairan pembersih tersebut diharapkan dapat mengurangi pertumbuhan atau kontaminasi bakteri yang tidak diharapkan pada tubuh. Salah satu sumber terbesar dari mikroba tersebut adalah tanah terutama dikawasan yang sering dikunjungi, salah satunya adalah kawasan Universitas Jambi. Oleh karena itu perlu diketahui aktivitas antimikroba beberapa jenis cairan pembersih antibakteri terhadap bakteri tanah di kawasan Kampus Universitas Jambi. Pada penelitian ini digunakan bakteri yang diisolasi dari lima titik berbeda dalam kawasan universitas Jambi. Dari masing-masing titik pengambilan koloni yang pertumbuhannya paling cepat yaitu A03, B22, C31, D44 dan E53. Perlakuan berupa LS, HS, BC dan AQ (kontrol negatif) dengan tiga kali pengulangan. Data yang diperoleh berupa diameter zona hambat yang selanjutnya dianalisis dengan ANNOVA lalu dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan LS memberikan pengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan bakteri semua isolat, HS memberikan pengaruh tidak berbeda nyata pada isolat A03, B22, C31 dan D44 tapi berpengaruh nyata pada isolat E53. Sedangkan BC menunjukkan pengaruh tidak berbeda nyata pada isolat A03 dan D44, berbeda pada B22 dan C31 dan berbeda sangat nyata pada isolat E53.

Katakunci: cairan pembersih, bakteri tanah, Universitas Jambi